R&D

R & D

Rangka karbon tipe Tornado didesain oleh kolaborasi Andre Pretzler, GERG's spesialis kompsitor dan Adrian Morton desainer Benelli. Kolaborasi ini menggabungkan sumber daya serta pengalaman dari GERG yang telah memiliki banyak pengalaman berharga dengan perusahaan besar seperti BMW, Audi, Porsche dan Toyota.

Setelah melakukan beberapa pertemuan maka munculah ide untuk mengembangkan sebuah bagian dengan konsep terbungkus, tujuannya yaitu untuk menyalurkan udara ke bagian belakang radiator Tornado dan memberikan struktur rangka untuk sepeda motor.

Andrea Pretzler sebelumnya telah mengembangkan rangka karbon konvensional untuk sepeda motor, tetapi kebutuhan untuk tipe Tornado berbeda dan memberikan tantangan baru yaitu menyatukan sisi estetis (untuk menginterpretasikan ide-ide dari desainer Benelli) serta mempertahankan lintasan aliran udara ke radiator, dan kesatuan struktur rangka.

Setelah program sketsa singkat di GERG, pekerjaan dimulai pada model tiga-dimensi menggunakan perangkat lunak Catia. Dengan pembatasan dari tipe Tornado yang ada maka serangkaian tujuan mulai ditetapkan;

  • Penurunan berat dari rangka yang sudah ada
  • Membuat profil rangka menjadi lebih ramping
  • Menyederhanakan 3 komponen terpisah yang ada pada Tornado menjadi satu komponen serat karbon tunggal. Penyederhanaan dari tiga unsur yang terpisah saat ini bekerja pada Tornado (Body, tabung udara ke radiator, dan rangka) menjadi salah satu komponen serat karbon tunggal
  • Produksi hanya untuk seri limited edition

Konsep awalnya yaitu mempertahankan semua konsep dasar yang telah dirumuskan sebagai rangka awal. Melalui konsep dasar ini maka bentuk 3 dimensinya mulai terlihat. Proses ini dibutuhkan banyak literasi dalam rangka memenuhi semua persyaratan teknis, dengan penekanan kepada desain baru.

Ketika proses  mencapai  hasil akhir sudah terlihat pada layar komputer, data tersebut langsung dikonversi untuk mulai mencetak  bagian-bagiannya. Seluruhnya cetakan dibentuk dari 9 bagian, untuk membuat satu komponen karbon yang  menggunakan serat karbon terbaik (disponsori oleh SEAL produsen serat karbon Italia). Permukaan cetakan karbon yang diproses oleh mesin membutuhkan proses penyelesaian akhir secara manual (oleh teknisi) agar mendapatkan hasil terbaik.

Lalu proses akhir yang tersulit yaitu menyatukan beberapa bagian serat karbon agar menjadi satu kesatuan dalam ruangan hampa udara. Hasil akhir yang didapat yaitu rangka fiber karbon yang unik dan berbeda dari yang sudah ada saat ini yaitu lebih kuat, ringan, ramping dan ringkas.