1911 ~ 1934

Enam bersaudara, sebuah cerita. Enam pria untuk sebuah legenda menjadi kenyataan. Di musim semi tahun 1911 saat Teresa benelli, seorang janda, menginvestasikan semua modal keluarga untuk mendirikan bengkel dan memastikan pekerjaan yang stabil untuk enam putranya, Giuseppe, Giovanni, Filippo, Francesco, Domenico e Antonio “Tonino” Benelli.

Awalnya hanya sebuah layanan garasi, dimana beberapa suku cadang untuk mobil dan sepeda motor juga dibuat. Tetapi enam saudara Benelli memiliki ambisi yang jauh lebih tinggi: membangun sepeda motor. Delapan tahun kemudian, pada tahun 1919, mesin pertama lahir, dua stroke 75cc diterapkan pada rangka sepeda yang tidak menghasilkan hasil yang memuaskan.

Pada bulan Desember 1921 sepeda motor Benelli asli pertama muncul: “Velomotore”, motor ringan dua-stroke dua langkah yang disajikan dalam dua model, Touring dan Sport (125cc), diikuti pada tahun 1923 oleh versi 147 cc, di mana Tonino Benelli mulai memenangkan kemenangan. yang akan membuat perusahaan Pesaro terkenal di seluruh Eropa.

Pada tahun 1926, Giuseppe Benelli merancang sepeda motor baru, mesin sepeda 4-tak 175cc, camshaft di bagian atas yang diperintahkan oleh ’empat persneling’ asli dan pertunjukan yang sama atau lebih tinggi dari sepeda motor dengan perpindahan yang lebih besar, yang akan menghasilkan kemenangan Tonino Benelli yang tak terhitung jumlahnya , Juara Italia pada 1927, 1928, 1930 e 1931. Peningkatan produksi dan kesuksesan penjualan (175cc diproduksi dalam model yang berbeda hingga 1934, ketika motor 500cc dan 250cc 4-stroke disajikan) mengarah pada pembesaran pabrik, dan pada tahun 1932, saudara-saudara Benelli membeli paviliun gergaji kayu Molaroni di ‘viale Principe Amedeo’, yang sekarang adalah ‘viale Mameli’.

Dua tahun kemudian, pada tahun 1934 Benelli memperkenalkan dua motor balap baru: 250 cam kembar dan 500. Pada tahun 1940 Benelli meluncurkan 500cc dengan katup samping dan sepeda balap yang fantastis (4-silinder dengan double overhead camshaft dan supercharger yang tidak akan pernah digunakan di lintasan) tetapi pecahnya perang memaksa perusahaan hanya memproduksi sepeda motor militer.

 

1940 ~ 1950

Perusahaan Pesaro berada di puncak kesuksesan (800 karyawan bekerja di pabrik) tetapi Perang Dunia Kedua menghancurkan pabrik. Pemboman sekutu dan spoliasi oleh Nazi mengurangi perusahaan besar ini menjadi tumpukan puing-puing dan gudang kosong.

Saudara-saudara Benelli tidak berkecil hati dan, begitu diambil mesin dan peralatan, mulai mengubah sekitar 1000 sepeda motor militer – terutama dari asal Inggris – yang tersisa di medan perang oleh sekutu menjadi sepeda untuk digunakan sipil. 1947 juga merupakan tahun ketika aktivitas balap dimulai kembali.

1948 adalah tonggak bagi Benelli: perusahaan menyewa pembalap motor Dario Ambrosini dan pada tanggal 14 Oktober Benelli bersaudara mengumumkan keputusan untuk terus memproduksi sepeda motor. Keberhasilan olahraga Benelli baru mencapai puncaknya pada 1950 dalam kemenangan Ambrosini di Kejuaraan Dunia di kelas 250.

 

1950 ~ 1980

Pada akhir tahun 40-an, Giuseppe Benelli, karena perbedaan pendapat yang tidak dapat didamaikan dengan saudara-saudaranya, meninggalkan perusahaan. Itu adalah awal dari Motobi, dengan mesin berbentuk telur klasik 2 dan 4-stroke, dari perpindahan kecil dan menengah. Kesuksesan penjualan dan olahraga baru: lebih dari 1000 kemenangan balap di 50’s dan 60’s.

Aktivitas manufaktur Benelli berlanjut pada tahun 1951 dengan presentasi ‘Leoncino’ yang sukses komersialnya mencapai puncaknya ketika Benelli memenangkan ‘Motogiro d’Italia’ pertama pada tahun 1953 dengan pembalap Tartarini.

Pada tahun 1961, perusahaan Pesaro merayakan 50 tahun pertama dan tahun berikutnya, untuk mengatasi krisis industri sepeda motor, kedua merek Benelli dan Motobi digabung menjadi satu. Ini adalah waktu heroik Provini e Pasolini, dari 4-silinder 250cc dan dari gelar dunia kedua pada tahun 1969 dengan pembalap Australia Kelvin Carruthers.

Berbagai macam model mengkarakteristikkan produksi Benelli-Motobi di tahun 60-an: dari skuter ke ‘Tornado’, sepeda motor 2 silinder 2 silinder 650cc), kreasi asli terakhir Benelli. Pada tahun 1972 perusahaan ini dibeli oleh pengusaha Argentina, Alejandro De Tomaso. Properti baru ini meluncurkan kembali dan memperluas jangkauan produk yang menghadirkan sepeda motor multi-silinder dan mesin 6 silinder 750cc yang prestisius (motor 6 langkah pertama yang diproduksi secara seri yang tersedia untuk dibeli oleh masyarakat umum) dan membangun pabrik baru dan modern.

 

1988 ~ 2015

Kompetisi Jepang menjadi semakin sengit dan maju secara teknis. Penurunan itu lambat dan belum terelakkan. Pada tahun 1988 Benelli dibawa berlutut. Taipan industri Mr. Giancarlo Selci, pemilik grup Biesse, menyelamatkan perusahaan yang gemilang dari masa depan yang tidak pasti dan membeli Benelli pada 23 Oktober 1989. Perusahaan menargetkan segmen pasar skuter dengan model Devil and Scooty. Tampaknya waktu baru telah dimulai, tetapi setelah momen-momen pertama euforia, prospek menjadi tidak pasti lagi.

Pada tahun 1995, Grup Merloni Fabriano membeli sebagian besar merek sejarah. Andrea Merloni, putra Vittorio, adalah pemimpin dari perusahaan baru dan mulai baru tiba dengan skuter agresif 491. Proyek ambisius baru, skuter dan bahkan sportsbikes: Tornado 900cc tiga silinder yang juga akan bersaing di kejuaraan Superbike dan TnT 1130cc. Tetapi Benelli segera menghadapi krisis baru lagi.

Pada Desember 2005 Benelli menjadi bagian dari grup Q.J. . Pemenang penghargaan sebagai eksportir sepeda motor terbaik tahun ini, Qianjiang adalah perusahaan yang berlokasi di Wenling di mana 14.000 orang memproduksi lebih dari 1.200.000 kendaraan dan dua juta mesin per tahun di sebuah pabrik modern super besar sebagai kota.

Sekitar 670.000 meter persegi area produksi dilengkapi dengan bagian-bagian mesin manufaktur canggih yang diimpor dari Jerman, Italia dan Amerika Serikat. .
Perusahaan, dengan modal lebih dari 750 juta US $, terdaftar di bursa saham China sejak 1999 dan memproduksi juga paha depan, sepeda listrik, mesin pemotong rumput, kereta golf, generator, pompa dan peralatan berkebun lainnya. 20% dari produksinya diekspor ke luar negeri, termasuk Amerika dan Eropa. Qianjiang fokus pada kualitas dan telah memperoleh sertifikasi ISO 9001 yang diakui secara internasional sejak 1997.

Dengan modal baru dan sinergi antara Italia dan Cina, Benelli Q.J. saat ini sedang mengerjakan beberapa proyek yang bertujuan untuk meluncurkan kembali perusahaan Pesaro di pasar dunia.
Pada tahun 2011 Benelli telah merayakan keberhasilan seratus tahun pertamanya.

Subscribe

Subscribe to our newsletter & stay updated