Home About Us
About Us

Benelli merupakan salah satu produsen sepeda motor tertua yang ada di dunia. Perusahaan yang berdiri di Italia pada tahun 1911 ini tidak pernah berhenti untuk memproduksi sepeda motor ketika dunia melewati masa-masa bencana, perang dan resesi ekonomi

Benelli dikenal dunia sebagai produsen sepeda motor dengan desain berjiwa muda. Pada tahun 1996 ketika Andrea Merloni mengambil alih perusahaan ini, ia memberikan perubahan kepada image perusahaan dengan membawa energi muda dan antusiasme yang baru. Perubahan ini terlihat dari rata-rata umur karyawan yang berkisar antara 34 tahun, hingga sekarang terlihat bahwa inovasi ini membuat Benelli diakui eksistensinya di dunia industri sepeda motor.

Benelli memberikan dampak yang besar dalam industri sepeda motor, dengan desain-desain sepeda motornya. Mulai dari tipe 50 liter Scooter "491" ke tipe motor skuter, "666" Style ; dari tipe "Open Studio" Skuter "Adiva" ke Tornado 900 Tre" - semua tipe menunjukan perkembangan yang sangat inovatif, dengan konsep yang terus dikembangkan dengan detail-detail desain yang unik. Inovasi serta jiwa kreatif perusahaan terlihat pada setiap produknya dan juga terefleksi pada setiap pengembangan produk serta perekrutan mekanik dan desainer-desainer muda.

Pada tahun 2002 Benelli membuat inovasi luar biasa dengan mendesain sepeda motor yang berpenampilan sporty dengan mesin 3 silinder.  Mesin 3 silinder ini didesain dan juga diproduksi di Italia, Inovasi mesin terbaru ini menjadi kunci penting yang disertai juga dengan fitur-fitur unik lainnya.

Saat ini Benelli memfokuskan pada desain sepeda motor "Naked" (tanpa body pelindung). Tujuannya yaitu mengembangkan konsep "King Street" sepeda motor jalanan; dengan mesin 3 silinder yang terus dikembangkan serta tetap mempertahankan karakteristik, fitur dan fungsinya.

Semua yang telah dicapai Benelli saat ini ialah hasil dari masa lalu yang gemilang serta tujuan yang ambisius. Dengan produk yang unggul dan bervariasi, tipe Tornado dan TNT diharapkan dapat membuat Benelli menjadi penerobos dan pemimpin dalam industri sepeda motor saat ini.

Sejarah Perusahaan
Teresa Benelli ialah seorang janda yang memulai membangun bisnis dengan harapan agar kelak dapat memberikan pekerjaan yang mapan untuk ke-enam anaknya yaitu Giuseppe, Giovanni, Fillipo, Domenico dan Antonio atau "Torino"

Pada awalnya, bisnis ini hanya berupa "Bengkel Benelli" yang hanya memperbaiki mobil dan speda motor, tetapi seiring waktu berjalan mereka mampu memproduksi spare part sendiri untuk kebutuhan bengkel mereka.

Pada tahun 1920 mereka menyelesaikan satu model desain mesin 1 silinder 2 tak 75 cc yang kemudian mulai diterapkan pada desain sepeda motor saat itu. Setahun berikutnya pada tahun 1921, Benelli membuat sepeda motor mereka yang pertama yang berkapasitas 98 cc.

2 tahun setelah itu, Torino mulai memasuki dunia balapan dan menunjukkan bakatnya dalam dunia balapam. Tentu saja hal ini membuat Benelli semakin diakui sebagai perusahaan yang mampu mengembangkan dan memproduksi sepeda motor berkualitas. Dengan mengendarai Benelli 175, Torino Benelli hampir memenangkan 4 seri kejuaraan sepeda motor di Italia hampir secara berurutan yaitu tahun 1927, 1928 dan 1930 (suspensi single) dan tahun 1931 (double suspensi).

Keberuntungan tidak menaungi Torino, pada tahun 1932 Torino mengalami kecelakaan pada waktu balapan dan pada 27 September 1937 Torino mengalami kecelakaan di jalan raya hingga membuatnya tutup usia.

Kejuaraan
Pada masa perang dunia 2, pabrik Benelli hancur tetapi hal ini tidak merubah kecintaan dan dedikasi Benelli bersaudara terhadap dunia sepeda motor. Mereka membangun kembali usaha mereka dan dalam jangka waktu singkat mereka kembali beroperasi dan memenangkan beberapa kejuaraan salah satunya yaitu The Tourist Trhopy melalui Ted Mellors pada 1939.

Pada tahun 1960 Benelli memiliki beberapa pembalap hebat diantaranya Tarquino Provini dan Renzo Pasolini. Investasi Benelli pada dunia balapan tahun 1969 memberikan keuntungan balik yang besar. Kel Carruthers memenangkan Kejuaraan Dunia 250 dan The Tourist Throphy yang juga pernah dimenangkan Dario Ambrosini pada tahun 1950.

Pengembangan Perusahaan
Pada tahun 1962, Benelli dan Motobi (didirikan oleh Giuseppe Benelli pada tahun 1949 setelah terjadi perselisihan dengan saudara-saudaranya, tetapi kemudian kembali masuk ketika masalah sudah diselesaikan) memproduksi sekitar 300 sepeda motor per hari dan memiliki 550 pegawai.

Pada akhir tahun 1960an, terjadi krisis pada industri sepeda motor di Eropa, ketika pabrikan sepeda motor Jepang mulai masuk kesana.

Benelli mengalami perubahan kepemilikan tapi tidak berhenti melakukan inovasi contohnya pada pertengahan tahun 1960 Benelli mendesain mesin 6 silinder. Meskipun begitu tetap saja Benelli kehilangan segmen pasarnya karena persaingan oleh pabrikan Jepang. Hal ini mengakibatkan Benelli berhenti produksi untuk sementara

Pada tahun 1989 dengan dukungan dari Giancarlo Selci (Pabrikan Pesaro), pabrikan Benelli mencoba untuk bangkit tetapi tidak berhasil karena waktu yang belum tepat.

Pada tahun 1995 ketika Andrea Merloni mengambil alih, kebangkitan perusahaan mulai terlihat dan menjadi kenyataan seiring dengan dikeluarkan tipe Tornado 900 Tre Super Sport Bike  pada tahun 2002 dan tipe TNT The Explosive Roadster saat ini

Jika tipe Tornado membawa inovasi pada sisi teknis dan estetis, maka tipe TNT membuat gebrakan besar yang pernah ada di industri sepeda motor.